Welcome

Rabu, 14 Desember 2011

Mengenal Tampilan Microsoft Excel 5



A.    
Formula Bar


Fomula bar berfungsi untuk menunjukan isi sel atau formula (rumus) yang akan diinputkan ke sel tertentu. Ada dua bagian pada Formula Bar, yaitu :
  • Name Box atau biasa di sebut kotak indicator, yang terletak di sebelah kiri. Kotak ini menunjukan posisi pointer Excel berada.
  • Formula Bar, yang berisi rencaa input yang akan di masukan ke dalam sel.

B.    Status Bar


Status Bar terletak paling bawah dari tampilan Microsoft Excel, yang berfungsi untuk menunjukan status dari sebuah sel, apakah Ready (siap untuk di iskan data), edit (sedang berlangsung proses pemasukan suatu formula), dan lain sebagainya.

C.    Scroll Bar
Scroll bar di gunakan untuk mengeser lembar kerja yang tidak tampak pada layer agar dapatdi tampilkan. Jika kita ingin menggeser lembar kerja ke kiri atau ke kanan, maka kita dapat menggunakan scroll bar horizontal. Jika kita ingin menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah, maka kita dapat menggunakan scroll bar vertical.

D.    Worksheet, Baris, Kolom, dan Sel
Worksheet (lembar kerja) merupakan bagian dari workbook. Suatu worksheet terdiri atas sel, kolom, dan baris. Satu sheet terdapat 256 kolom dan 65.536 baris, yaitu kolom A samapi IV dan baris 1 samapai denan 65.536. setiap baris dan kolo di sebut sel.

E.    Tab Worksheet


Tab worksheet letaknya di bagian bawah sejajar dengan scroll bar horizontal. Tab worksheet adalah lajur atau baris yang menunjukan lembar kerja yang aktif. Pada gambardi atas terlihat Sheet1 sedang aktif (terbuka) dan siap menerima input data. Microsoft Excel memberikan tiga sheet untuk di pakai dalam setiap workbook, yang dalam prakteknya dapat di kurangi atau di tambahkan sesuai dengan kebutuhan.
          Setiap workbook terdiri 1 samapai dengan 255 worksheet. Kita dapat berpidah antar worksheet dalam suatu workbook dengan cara mengklik tab worksheet. Setiap worksheet akan di beri namam dan setiap kali kita membuka worksheet baru, nama worksheet itu masih merupakan ama default, yaitu Sheet1, Sheet2, Sheet3 dan seterusnya. Worksheet yang sedang aktif di tandai dengan warna latar belakang putih dan teks nama worksheet berwarna hitam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar